PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

 Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah,Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.
Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
•  Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya • Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
• Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
• Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di madrasah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka madrasah sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan BahasaInggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat iniDepdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besarbesaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1.    Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolahsekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2.    Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
3.    Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.
Pengembangan TIK di Madrasah secara Mandiri
Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah. Mulai saat ini pihak madrasah dan Majlis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh. Ada beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan pengembangan TIK, diantaranya:
1.  Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK yang ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan majlis madrasah.
2.  Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi Labkom) yang mandiri
3. Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik hardware, software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki
4.  Penentuan hardware dan software yang akan digunakan atau dikembangkan.
5. Mengidentifikasi SDM yang dimiliki
6.  Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK baik untuk guru dan staf lainnya.
7.  Adanya Time schedule yang jelas untuk pencapaian program
8.  Penentuan Investasi yang diperlukan secara berkala tiap tahun
9.  Mengidentifikasi perkembangan software dan kurikulum baru
10.  Mengadakan revisi perencanaan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi.
Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan TIK secara bertahap di madrasah agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program yang dibuat haru dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian kepala dan majilis madrasah. Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software.Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
1. Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi,
diantaranya:
a. Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.
b. Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
c. Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
d. Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.
2. Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan suatu kegiatan misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat

 TENOLOGI DI SEKOLAH

Saat ini sekolah-sekolah mencoba menerapkan unsur-unsur teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pendidikannya, baik dalam segi pembelajaran maupun dalam segi managemen pendidikan di sekolah tersebut.Beberapa Komponen utama sekolah berbasis TIK setidaknya terdiri dari:
(1) Konten dan Kurikulum
(2) Proses Pembelajaran
(3) Sarana dan Prasarana
(4) Kompetensi SDM Sekolah
(5) Sistem Administrasi dan Manajemen Sekolah
(6) Infrastruktur dan Suprastruktur

1. Konten dan Kurikulum
Konten yang disampaikan dalam Smart School bukan lagi pengetahuan yang terbatas pada pengetahuan kognitif, tetapi lebih dari itu juga disampaikan pendidikan nilai. Strategi dalam peningkatan mutu pendidikan, salah satunya dicoba dengan pendekatan baru yakni manajemen mutu pendidikan berbasis sekolah (school based quality management). Konsep yang diluncurkan oleh Depdiknas ini berpijak dari teori effective school dengan memfokuskan diri pada perbaikan proses pendidikan.
2. Proses Pembelajaran
Pada Smart School ini sistem pembelajaran berupa student-centered dimana siswa dituntut aktif untuk mengelaborasi informasi yang diperoleh serta secara kreatif dan terampil mengasah kemampuan berkolaboratif dalam memecahkan persoalan. Penerapkan metode “active learning” ini mengarah pada upaya melibatkan semua siswa dalam seluruh proses belajar mengajar (partisipasi aktif). Bahkan dalam topik tertentu, siswa diharapkan mampu menjadi guru bagi teman-temannya. Siswa tidak hanya belajar dari guru dan buku tetapi juga dari pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran untuk mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Selain metode active learning, siswa juga dapat merasa senang pada saat belajar karena terciptanya suasana belajar yang menyenangkan(joyful learning) sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang datang dari dalam diri pembelajar.
Metode joyful learning ini lebih menekanan pada pemberian:
- Aspek visual (gambar, peta, diagram, warna, simbol, alat peraga dan penulisan kata kunci),
- Aspek auditif (variasi suara, umpan balik secara lisan, pengulangan informasi penting atau kata kunci, penggunaan sajak atau nyanyian), dan
- Aspek kinestetik (peragaan konsep, simulasi atau bermain peran, gerakan dan bahasa tubuh)
3. Sarana dan Prasarana
Dalam rangka terbentuknya sekolah yang berbasis Smart School yang memiliki jaringan nasional maupun regional/internasional, maka sekolah yang dipilih harus melengkapi dirinya dengan berbagai fasilitas sarana dan prasarana baik ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, buku pelajaran, peralatan peraga pendidikan, serta sarana informasi, komunikasi, dan teknologi seperti komputer dan fasilitas internet. Fasilitas TIK selain sebagai media komunikasi juga merupakan sarana bagi warga sekolah untuk meningkatkan pengetahuan atau wawasannya. Melalui internet setiap siswa dapat memperoleh berbagai informasi atau bahan pembelajaran yang mutakhir. Dengan fasilitas TIK, Smart school akan dapat mengembangkan program-program kerjasamanya, termasuk saling tukar gagasan inovasi pembelajaran dan materi pembelajaran.
4. Kompetensi SDM Sekolah
Bangsa kita perlu terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya agar mampu berperan dalam persaingan global, maka sebagai. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efisien dalam proses pembangunan. Oleh karena itu maka perlu kiranya dibentuknya individu-individu yang berkualitas dengan memberikan pendidikan yang berkualitas sejak dini.Kompetensi Guru
- Mengoperasikan komputer
- Menjalankan Learning Management System (LMS)
- Membuat bahan ajar multimedia (dibantu Tim Pengembang)
- Berperan sebagai Fasilitator dalam proses pembelajaran
- Memiliki sertifikasi TI
5. Sistem Administrasi dan Manajemen Sekolah
Suatu sistem pendidikan dapat dikatakan bermutu, jika proses belajar-mengajar berlangsung secara menarik dan menantang sehingga peserta didik dapat belajar sebanyak mungkin melalui proses belajar yang berkelanjutan. Proses pendidikan yang bermutu akan membuahkan hasil pendidikan yang bermutu dan relevan dengan pembangunan. Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dan efisien perlu disusun dan dilaksanakan program-program pendidikan yang mampu membelajarkan peserta didik secara berkelanjutan, karena dengan kualitas pendidikan yang optimal, diharapkan akan dicapai keunggulan sumber daya manusia yang dapat menguasai pengetahuan, keterampilan dan keahlian sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.
Manajemen pendidikan itu terkait dengan manajemen peserta didik yang isinya merupakan pengelolaan dan juga pelaksanaannya. Salah sat alat ukur mutu pendidikan pada suatu sekolah dapat dilihat pada tingkat kinerja sekolah tersebut. Kinerja sekolah adalah prestasi sekolah yang dihasilkan dari proses pendidikan di sekolah. Kinerja sekolah dapat diukur dari kualitasnya, efektivitasnya, produktivitasnya, efisiensinya, dan inovasinya. Khusus yang berkaitan dengan kualitas dapat dijelaskan bahwa output sekolah dikatakan berkualitas tinggi jika prestasi sekolah, khususnya prestasi belajar peserta didik, menunjukkan pencapaian yang tinggi dalam prestasi akademik.
6. Infrastruktur dan Suprastruktur
Sekolah yang mampu menginternalisasikan konteks ke dalam dirinya akan membuat sekolah sebagai bagian dari konteks dan bukannya mengisolasi darinya. Konteks meliputi kemajuan ipteks, nilai dan harapan masyarakat, dukungan pemerintah, tuntutan globalisasi dan otonomi, tuntutan pengembangan diri, dan sebagainya.
Untuk membentuk sekolah yang berbasis Smart School maka sekolah yang ditunjuk harus memiliki kualitas baik pada bidang akademik dan maupun non akademik. Mutu sekolah ini dipengaruhi oleh tingkat kesiapan (input) dan proses belajar mengajar yang didukung dengan media-media pembelajaran yang dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Media-media pendidikan tersebut dapat berupa multimedia elektronika yang sarat dengan animasi, dan juga dapat berfungsi sebagai alat peraga yang lebih aktual, konkret, dan nyata, sehingga siswa akan lebih tertarik dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan.
Fasilitas Sekolah yang Berbasis TIK
- Spesifikasi H/W dan S/W yang up to date
- Lab multimedia
- Jaringan komputer
- Akses Internet yang memadai
- Sistem Informasi Sekolah
- Website sekolah
- Learning Management System
- Sistem Informasi Akademis
- Sistem Administrasi Sekolah
- Bahan ajar berbasis multimedia
















USE OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY AS A LEARNING MEDIA



 When the computer is no longer a luxury item , the computer initially used in schools as a support for the smooth work of field
administration by utilizing software Microsoft word , excel and access .
With the inclusion of the material Information and Communication Technology in the new curriculum , the role of computers as a key component in ICT has a very important position as a medium of learning . Excerpt from Lesson Curriculum for Information and Communication Technology
• Vision subjects that Information and Communication Technology for students to and accustomed to using Information and Communication Technology tools are appropriate and optimal for obtaining and processing information and learning activities , work , and other activities so that students are able to create, develop imaginative attitude , develop the ability to explore independent , and easily adapt to new developments in environmental subjects • Through information and Communication Technology students are expected to engage in rapid changes in life experiencing additions and changes in the use of a variety of information and communication technology products .
Students use Information and Communication Technology tools to find , explore , analyze , and exchange information efficiently and effectively . By using Information and Communication Technology , students will be
quickly get an idea and experience from various backgrounds . The addition of the ability of students because of the use of Information and Communication Technology will develop an attitude of initiative and self-learning abilities , so that students
and consider themselves to decide when and where the use of Information and Communication Technology appropriately and implemented , including the implications of current and future .
• Information and Communication Technology ( ICT ) includes two aspects , namely the Information Technology and Communication Technology . Information Technology , covering all matters relating to process , use as a tool , manipulation , and management of information . Communication technology is all matters relating to the use of tools to process and transfer data from one device to another . Hence, Information Technology and Communication Technology is an integral equivalent containing a broad understanding of all activities related to the processing , manipulation , management , and transfer / transfer of information among media .
• In particular , the purpose of studying the Information and Communication Technology are :
1 . Students aware of the potential development of information and communication technology are constantly changing so that students can be motivated to evaluate and study the Information and Communication Technology as a basis for lifelong learning .
2 . Motivating students' ability to adapt to and anticipate the development of Information and Communication Technology , so that students can carry out activities of daily life and live independently and more confident .
3 . Developing student competence in the use of Information and Communication Technology to support learning activities , work , and various activities in daily life .
4 . Developing study skills -based Information and Communication Technology , so that the learning process can be optimized , attractive , and encourage students skilled in communication , skillful organizing information , and used to work together.
5 . Developing self-learning ability , initiative , innovative , creative , and responsible in the use of Information and Communication Technology for learning , work , and everyday problem solving .
By viewing the contents of the curriculum , we have to integrate ICT in teaching and learning at the school not only for the subjects and information technology alone . Look at the current state of ICT and its development in the future , we must prepare and carry out careful planning in implementing ICT in madrassas . If we do not start now then madrasa as one of the educational institutions besides schools under MONE will be left behind by other schools . If this happens , our efforts will be increasingly hard to align with other schools madrassas . On the one hand , we 're trying to catch up in subjects especially Mathematics and BahasaInggris , on the other hand will make our ICT lagging further and further away . Observing ICT developing a program conducted MONE To keep pace with the use of ICT in schools from other countries , while iniDepdiknas have ia ICT development program .
There are three important positions in the Ministry of Education in ICT development programs , namely :
1 . Vocational fields , ICTs become one of the majors in SMK . ICT development is technically both the hardware and software included in the educational curriculum . The establishment of ICT centers throughout Indonesia . To connect schools around the ICT center built WAN ( Wireless Area Network ) City .
2 . Pustekkom , as one of the spearheads in the development of interactive educational TV , eLearning and ESMA . The program aims to narrow the gap between big city quality education to the area .
3 . Jardiknas ( National Education Network ) , aims to integrate the two programs above in order to form a network connecting all schools in Indonesia . It is estimated that in the future all schools in Indonesia will be connected to the Internet . Seeing the program organized by the Education Ministry we can use these facilities because they are open .
Development of ICT in the Madrasah are Independent
We're not too late to prepare for the mastery of ICT as a medium of learning at the school . From this moment the madrassas and the Majlis Madrasah should make an overall ICT development program . There are several points to create an ICT development plan , including :
1 . Unifying vision and mission of ICT development to be achieved between the principal , teachers and council madrassa .
2 . Formation Technology Committee ( Organization Labkom ) independent
3 . Identify infrastructure institutions , both hardware , software and system and network already owned
4 . Determination of hardware and software that will be used or developed .
5 . Identifying the human resources
6 . Determine mastery of ICT both forms of training for teachers and other staff .
7 . The existence of a clear Time schedule for the attainment of program
8 . Determination of investment required on a regular basis each year
9 . Identify software development and new curriculum
10 . Holding a revised plan tailored to the developments .
With careful planning , we can develop gradually ICT at the school in order not to lag behind other schools . Programs are made of emotion conducted on an ongoing basis despite the change of the head and majilis madrasah . As the use of ICT ICT Learning Media is not a stand-alone technology , but it is a combination of hardware and software.Ada important things that must be considered in the use of ICT as a learning medium that is hardware and software that is available and the types of learning methods will be used . Some of the use of ICT in learning include:
1 . presentation
The presentation is a way that has long been used , by using an overhead projector or chart . The equipment used today typically use a computer / laptop and LCD projector . There are several advantages if we take advantage of ICT among us can show animations and movies , so it looks more attractive and easier for students to capture the material we deliver. The most widely used software
for presentations is Microsoft PowerPoint . There are several things that must be considered in making the presentation materials ,
including :
a. Not too many posts to be displayed .
b . Posts should not be too small as to be seen by many students .
c . Expand insert images and animations
d . Try to form an interactive presentation .
2 . demonstration
Demonstration is usually used to display an activity in front of the class , for example experiments . We can make a movie caracara perform an activity such as how to take measurements with micrometer correct or take most important activity . So in this way we can lead students to engage in activities that correct or draw conclusions from such activities .
Another way is to utilize the internet , we can show animation related material we teach ( though not all are available ) . As an example to show the direction of the vector cross product we can access the Internet at
http://www.upscale.utoronto.ca/GeneralInterest/Harrison/Flash/ClassMechanics/
Posted by '' ERROR team " at 06:01 No comments :
Email This BlogThis Share to Twitter Share to Facebook
Saturday, April 14, 2012
 Tenologi IN SCHOOL

Currently schools trying to implement elements of information and communication technologies in the implementation of education , both in terms of learning and in terms of management education in schools tersebut.Beberapa major component of school -based ICT at least consist of :
( 1 ) Content and Curriculum
( 2 ) Learning Process
( 3 ) Facilities and Infrastructure
( 4 ) HR Competency School
( 5 ) System Administration and Management Schools
( 6 ) Infrastructure and Superstructure

1 . Content and Curriculum
Content is delivered in the Smart School is no longer limited knowledge on cognitive knowledge , but it also delivered more than educational value . Strategy in improving the quality of education , one of which is fitted with a new approach to the management of the quality of school -based education (school -based quality management ) . The concept was launched by the Education Ministry is grounded on the theory of effective school by focusing on the improvement of the educational process .
2 . Learning Process
At the Smart School system in the form of student-centered learning where students are actively to elaborate on the information obtained and creatively and skillfully honed berkolaboratif ability to solve problems . Apply the method of " active learning " is directed to involve all students in the whole learning process ( active participation ) . Even within a particular topic , students are expected to become a teacher for his friends . Students not only learn from teachers and books , but also from the use of the computer as a learning medium to look for themselves the information they need . In addition to active learning method , students can also learn to feel happy at the moment because of the creation of a fun learning environment ( joyful learning ) so as to increase students' motivation that comes from within the learner .
Joyful learning method is more pressuring the administration :
- Aspects of the visual ( pictures , maps , diagrams , colors , symbols , props and writing key words ) ,
- Aspects of auditory ( sound variations , verbal feedback , repetition of important information or keywords , the use of rhyme or singing ) , and
- Kinesthetic aspect ( concept demonstration , simulation or role play , movement and body language )
3 . Facilities and Infrastructure
In the framework of the establishment of school -based Smart School which has a network of national and regional / international , then the selected schools must equip themselves with various infrastructure facilities both classrooms , laboratories , libraries , textbooks , equipment demonstration , as well as the means of information , communication , and technologies such as computers and internet facilities . ICT facilities other than as a medium of communication is also a means for the school community to improve knowledge or insight . Through the Internet every student can obtain a variety of information or materials that date. With ICT facilities , the Smart School will be able to develop programs of cooperation , including the exchange of innovative ideas of learning and teaching materials .
4 . Competence HR School
Our nation needs to continue to develop and improve the quality of its human resources to be able to participate in the global competition , then as . Therefore , improving the quality of human resources is a reality that must be done in a planned , targeted , intensive , effective and efficient in the development process . Therefore it is essential to the formation of qualified individuals by providing quality education since dini.Kompetensi Teacher
- Computer literate
- Running a Learning Management System ( LMS )
- Creating multimedia teaching materials ( aided Development Team )
- Acting as a facilitator in the learning process
- Have an IT certification
5 . School Administration and Management System
A quality education system can be said , if the learning process takes place in an interesting and challenging so that students can learn as much as possible through a continuous learning process . Quality education process will produce results relevant quality education and development . To achieve quality education and efficient should be formulated and implemented educational programs membelajarkan learners are able to sustainably , because the optimal quality of education , is expected to achieve the advantages of human resources who can master the knowledge , skills and expertise in accordance with science and technology is constantly evolving .
Management education is related to the management of learners whose content is the management and implementation. One sat educational quality measuring instruments at a school can be seen in the school 's performance level . School achievement school performance is generated from the educational process in the school . School performance can be measured by the quality , effectiveness , productivity , efficiency , and innovation . Specifically related to the quality of the output can be explained that the high -quality school said if school achievement , especially the achievement of learners , demonstrate high achievement in academic achievement .
6 . Infrastructure and Superstructure
Schools are able to internalize into her context will make the school as part of the context and instead of isolating him . Context includes the advancement of science and technology , values and expectations of society , government support , the demands of globalization and autonomy , self-development demands , and so on .
To establish school -based Smart School the designated school should have a good quality in the field of academic and non-academic as well . School quality is influenced by the level of readiness ( input ) and the learning process is supported by instructional media that can facilitate learners to understand the learning materials . The educational media can be loaded with electronic multimedia animation , and also can serve as a more actual props , concrete , and tangible , so that students will be more interested and easy to understand the material presented .
ICT -Based School Facilities
- Specifications H / W and S / W is up to date
- Multimedia Lab
- Computer Networks
- Internet access adequate
- School of Information Systems
- School Website
- Learning Management System
- Academic Information Systems
- System Administration School
- Multimedia -based teaching materials

0 komentar:

Copyright © 2013 Kumpulan Tips Dan ilmu Pengetahuan and Blogger Templates - Developers.