PR

Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai.[1] Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran. Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan sistem dalam belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem lain yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.

Definisi Teknologi Pendidikan
    Cara yang sistematis dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi seluruh proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang spesifik, berdasarkan penelitian terhadap pembelajaran dan komunikasi antar manusia, dan mendayagunakan kombinasi sumber daya manusia dan non-manusia untuk lebih mengefektifkannya.[2]
    Bidang yang memfasilitasi kegiatan belajar manusia melalui identifikasi, pengembangan, organisasi, dan pemanfaatan yang sistematik terhadap cakupan sumber pembelajaran yang luas melalui manajemen proses-proses tersebut.[3]
    Penelitian dan aplikasi terhadap ilmu perilaku dan teori pembelajaran, dan penggunaan pendekatan sistem untuk menganalisis, mendesain, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, dan mengatur penggunaan teknologi untuk membantu menyelesaikan masalah pembelajaran. Istilah teknologi instruksional seringkali bertukar tempat dengan istilah teknologi pendidikan, namun teknologi instruksional lebih menekankan pada pendekatan ilmiah dan sistematis terhadap penyelesaian masalah instruksional, dan teknologi pendidikan fokus kepada penggunaan dan pendayagunaan seni dan teknologi untuk mendukung pembelajaran.
    Studi terhadap penerapan etis dari memfasilitasi kegiatan pembelajaran dan meningkatkan performa dengan membuat, menggunakan, dan memanajemen proses dan sumber daya teknologi yang tepat.[4]

Berdasarkan definisi-definisi di atas menurut Ir. Lilik Gani HA[5] dapat disimpulkan bahwa:

    Teknologi pendidikan/teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin/bidang (field of study)
    Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah (1) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2) untuk meningkatkan kinerja
    Teknologi pendidikan/pembelajaran menggunakan pendekatan sistem (pendekatan yang holistik/komprehensif, bukan pendekatan yang bersifat parsial).
    Kawasan teknologi pendidikan dapat meliputi kegiatan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan,pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar.
    Yang dimaksud dengan teknologi dalam teknologi pendidikan adalah teknologi dalam arti luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tapi juga teknologi lunak (softtech)
    Teknologi pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia



Educational technology is the study and practice to help the process of learning and improving performance by creating , using , and managing the process and technology resources are adequate . [ 1 ] The term educational technology is often associated with learning and learning theory . When the theory of teaching and learning processes and systems include the teaching and learning , educational technology includes other systems used in the process of developing human capability .

Definition of Educational Technology
    Systematic way of designing , implementing , and evaluating the whole process of teaching and learning activities in accordance with the specific objectives , based on research on learning and communication between humans , and utilize a combination of human and non - human to be mengefektifkannya . [ 2 ]
    Field which facilitates human learning through the identification , development , organization , and utilization of systematic against a broad scope of learning resources through the management of these processes . [ 3 ]
    Research and application of the theories of behavioral science and learning , and the use of a systems approach to analyze , design , develop , implement , evaluate , and regulate the use of technology to help solve the problem of learning . The term instructional technology is often swap places with the term educational technology , instructional technology , but more emphasis on scientific and systematic approach to problem solving instructional and educational technology focuses on the use and utilization of art and technology to support learning .
    Studies on the application of ethical facilitating learning and improving performance by creating , using , and managing processes and the right technology resources . [ 4 ]

Based on the above definitions according to Ir . Lili Gani HA [ 5 ] it can be concluded that :

    Technology education / learning technology is a discipline / field (field of study)
    The main purpose of learning technologies are ( 1 ) to solve the problem of learning or facilitate learning , and ( 2 ) to improve performance
    Technology education / learning systems approach ( holistic approach / comprehensive , not partial approach ) .
    Educational technology area can include activities of analysis, design , development , utilization , management , implementation and evaluation processes as well as learning resources .
    What is meant by technology in educational technology is technology in its broadest sense , not just the physical technology ( HARDTECH ) , but also soft technology ( SoftTech )
    Technology education is a complex process that includes an integrated , procedures , ideas , tools and organization to analyze problems and design, implement , assess and manage the problem solving in all aspects of human learning

0 komentar:

Copyright © 2013 Kumpulan Tips Dan ilmu Pengetahuan and Blogger Templates - Developers.